Muhammad Syafi’ie el-Bantanie adalah wisudawan terbaik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada wisuda ke-62 2005. Ia juga seorang inspirator dan trainer muda yang telah berhasil membangkitkan semangat perubahan bagi puluhan ribu orang di Indonesia menuju kehidupan yang lebih baik.

Muhammad Syafi’ie el-Bantanie telah memberikan training, seminar, dan kajian diberbagai perusahaan, kampus, sekolah, dan masjid diberbagai kota di Indonesia. Ia juga menjadi narasumber diberbagai media. Institusi yang telah mengundangnya di antaranya adalah TVRI, TV Edukasi Kemendikbud, RRI, Woman Radio, IPB, UNS, Unsri, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Perguruan Islam Al-Azhar, Perguruan Islam Al-Syukro, Al-Kautsar Islamic Boarding School, Parahita, BPRS Al-Salaam, dan banyak lagi.

Muhammad Syafi’ie el-Bantanie juga seorang penulis muda produktif. Hingga kini ia telah menulis 49 buku. Lima buku di antaranya diterjemahkan ke Bahasa Melayu di Malaysia. Buku-bukunya telah menginspirasi puluhan ribu pembaca di Indonesia, Malaysia, dan Singapura.

Muhammad Syafi’ie el-Bantanie saat ini diamanahi sebagai Direktur Dompet Dhuafa Pendidikan. Ia juga pendiri dan pengasuh Sahabat Remaja Indonesia.