YULYA SRINOVITA lahir di Pariaman. Ia menamatkan pendidikan terakhirnya pada jurusan Ilmu Keluarga dan Konsumen di Institut Pertanian Bogor. Ia memulai karirnya di dunia penelitian sejak menjadi asisten dosen di IPB. Ia sering terlibat bersama dosen dalam penelitian-penelitian di bidang sosial khususnya bidang pendidikan dan perkembangan anak yang di danai oleh IHF, NHF-Belanda, Kementerian Riset dan Teknologi-DIKTI, dll. Hingga saat ini Ia sudah memiliki pengalaman dalam dunia penelitian selama 7 tahun.
Hasil penelitiannya sudah dipresentasikan pada 8 Konferensi Internasional dan 3 konferensi Nasional. Penelitiannya juga sudah dipublikasikan pada 8 prosiding, 3 Jurnal Internasional, 2 Jurnal Nasional, dan 1 buku. Hasil penelitiannya juga berhasil lolos di lomba atau event di beberapa negara, seperti: Korea Selatan, Jepang, USA, Thailand, Malaysia, Singapura, dan Indonesia.
Ia juga berhasil menjadi salah satu delegasi Indonesia bersama delegasi lainnya se-ASIA dalam World Village Conference yang diadakan oleh Regent of Purwakarta. Selain itu, hasil penelitiannya juga berhasil menjuarai lomba Call for Paper yang diadakan oleh Bank Indonesia, Universitas Indonesia – Baznas, Universitas Gadjah Mada – Kementerian Keuangan RI, World Bank, dll. Ia bekerjasama dengan peneliti di Perguraun Tinggi juga merupakan salah satu finalis proposal pendanaan riset yang diadakan oleh Kementerian Riset dan Teknolgi, DIKTI.
Saat ini, dia adalah Kepala Departemen Penelitian dan Pengembangan di Dompet Dhuafa Pendidikan dan mengelola berbagai macam penelitian program yang berhubungan dengan penyaluran dana zakat seperti program pendidikan, program pemberdayaan masyarakat, dll. Ia juga terlibat sebagai ketua acara dalam Simposium Nasional Riset Pendidikan yang diadakan pada tahun 2013 kerjasama antara Dompet Dhuafa dengan Universitas Indonesia dan tahun 2015 kerjasama antara Dompet Dhuafa dengan Universitas Paramadina.