Zayd Sayfullah, dikenal dengan Trainer TOPS, adalah seorang trainer yang aktif menebar ilmu, inspirasi dan motivasi dalam bidang pendidikan. Ribuan orang peserta yang telah mengikuti pelatihan darinya tersebar di berbagai kabupaten dan kota seluruh Indonesia. Materi pelatihan yang didesain dan disampaikannya mampu menginspirasi dan memotivasi peserta untuk berubah. Uniknya, perubahan yang diberikan adalah perubahan paradigmatik yang meliputi pola pikir dan pola sikap, sehingga melahirkan perubahan komprehensif pada individu maupun institusi pendidikan.

Konsultan dan Coach Pendidikan yang memiliki pengalaman praktis sebagai guru dan kepala Sekolah Islam Terpadu (SIT) ini juga telah sukses membina lebih dari 80 sekolah dari level SD sampai SMA / SMK yang tersebar di 24 provinsi di Indonesia. Selama bertahun-tahun Zayd meneliti, melakukan ujicoba dan membaca berbagai macam literatur serta berguru kepada para ahli, yang kemudian menginspirasinya menemukan Metode TOPS, metode transformasi dan optimasi pendidikan sesuai fitrah manusia.

Sekarang, pribadi yang memiliki motto “Hidup adalah Hidup” ini juga beraktivitas sebagai Kepala Departemen Peningkatan Mutu Pendidikan [PMP] Dompet Dhuafa Pendidikan. Ia adalah konseptor sekaligus master trainer untuk program Training For Trainer (TFT) bagi para karyawan dan Penerima Manfaat Program Pendidikan Dompet Dhuafa (2013-sekarang). Ia juga berpengalaman menjadi Master Trainer TFT untuk para Widyaiswara Kementerian Agama (Kemenag) Pusat. Salah satu program masterpiece yang telah berhasil dirancangnya adalah Program Sekolah Literasi Indonesia yang diimplementasikan di berbagai wilayah program Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa.

Trainer lulusan Akademi Trainer asuhan Jamil Az-Zaini ini selain aktif memberikan training, konsultasi dan coaching, juga aktif menulis dan beberapa tulisannya telah diterbitkan dengan judul buku “Sekolah Ramah Hijau”, dan “Bagaimana Ini Bagaimana Itu”.

Sesuai visi dan passionnya, Zayd siap membantu para pendidik (guru, kepala sekolah dan orang tua) dan lembaga pendidikan untuk mewujudkan konsep dan metode pendidikan yang akan menghantarkan manusia pada peradaban khaira ummah.

alamat web: http://www.zaydsayfullah.com

[/column]